Melampaui Batas-Batas Ponsel Gaming bersama ASUS ROG Phone 8


Mau beli ponsel gaming atau flagship?

Ini adalah sebuah dilemma cukup sulit dan kerap terjadi saat mau membeli ponsel baru. Tak terkecuali bagi saya pribadi. Sebab, keduanya punya fitur unggulan masing-masing yang sulit diabaikan.

Ponsel flagship punya keunggulan desainnya yang premium, ringan, ringkas, serta dicirikan dengan kualitas kamera beresolusi tinggi. Bezelnya juga tipis sehingga oke banget buat dipandang. Sedangkan ponsel gaming punya keunggulan komponen hardwarenya yang berkualitas tinggi serta performa softwarenya yang tiada tanding. Bagi kalangan muda, desain ponsel gaming yang robotic dan mencolok menjadi kegemaran tersendiri.

Saking dilemanya, kadang ada yang sampai memutuskan untuk memiliki kedua ponsel sekaligus. Satu khusus untuk bermain game, satunya lagi khusus digunakan untuk daily driver ponsel.

Contohnya adalah rekan kerja saya. Seperti umumnya Gen Milenial, mereka suka bermain game saat istirahat kerja. Ketika bercakap-cakap, salah satu rekan saya mengaku ingin punya ponsel satu lagi khusus untuk bermain game. Sebab, ia ingin ponsel hariannya (yang dipakai saat ini) dapat berfungsi optimal untuk komunikasi dan bermain Sosmed.

Niat teman tersebut mengingatkan saya yang dulu pernah berandai-andai, bagaimana bila punya satu ponsel untuk mengakomodir kebutuhan gaming dan daily driver? Punya ponsel gaming sekaligus ponsel flagship jadi satu ponsel sehingga lebih ringkas. Apakah ada ponsel seperti itu?

Untungnya ada. Ponsel gaming rasa flagship itu adalah seri terbaru ASUS ROG Phone 8 yang rilis awal tahun ini (2024).

Ponsel gaming terbaru ROG ini sungguh memenuhi ekspektasi, baik para gamers maupun kalangan masyarakat luas yang ingin merasakan ponsel berkualitas tinggi. Mereka bisa menikmati sensasi ponsel flagship sekaligus tetap memperoleh peforma monster ponsel gaming. Diakui, inovasi revolusioner ROG Phone 8 ini telah melampaui batas ponsel gaming konvensional (Beyond Gaming Phone). Tentunya, mahakarya ROG Phone ini adalah buah dari konsistensi luar biasa ROG dalam menciptakan beragam perangkat gaming sejak didirikan.

Seperti yang diketahui, “Republik of Gamers” (ROG) adalah sub-merek ASUS yang didirikan sejak tahun 2006. ROG telah mendedikasikan diri untuk menciptakan perangkat keras dan perangkat lunak gaming terbaik hingga sekarang.

Ada banyak produk-produk inovatif ASUS ROG yang peforma dan kualitasnya sudah dikenal baik di kalangan gamers, meliputi produk motherboard, kartu grafis, komponen system, laptop, desktop, aksesoris, serta ponsel gaming.

Jujur saja, ada kebanggaan tersendiri ketika memiliki produk-produk ROG. Kita langsung punya tempat tersendiri dalam pergaulan, komunitas, atau saat dipamerkan di media social mengingat ROG adalah branding gaming yang premium.

Tak hanya berinovasi melalui produk, ROG juga konsisten mendukung kemajuan dunia gaming dengan berpartisipasi mensponsori acara-acara game (e-sport) skala internasional.

Tiap tahun, ROG Phone selalu merilis produk terbarunya. Nah pada tahun 2024, tepatnya pada Senin 08 Januari 2024, ROG Phone 8 diperkenalkan dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat. Ponsel gaming terbaru ini punya tiga varian, yakni ROG Phone 8 (regular), ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Pro Edition.

Bocorannya, ASUS ROG Phone 8 akan segera rilis dan resmi masuk pasar Indonesia pada 20 Maret 2024 mendatang, pukul 14.00 WIB di FX Sudirman. Uniknya, momen peluncuran ROG Phone 8 akan berkolaborasi dengan PUBG Mobile bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-6 PUBG Mobile sekaligus peluncuran update terbaru PUBG Mobile Versi 3.1: Skyhigh Spectacle.

Kabarnya ada banyak acara menarik mengiringi launching ROG Phone 8 dan PUBG Mobile, meliputi: PMIC (PUBG Mobile Influencer Championship), Jawara Tournament By Tangerang Community, WOW Tournament, Cosplay Competition, dan dihadiri oleh guest star spesial BTR Ryzen, BTR7, dan Coach Justin. Lalu ada event yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Giveaway berhadiah ROG Phone 8.

Apa kesan saat melihat ROG Phone 8 series? Lebih kalem dan premium look seperti ponsel flagship dibandingkan seri sebelumnya. Jika AniMe Visionnya tak menyala, maka ROG Phone terbaru ini dikira ponsel biasa. Bukan ponsel gaming.

Dalam keterangan rilis resminya, seri ROG Phone 8 memang telah berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi ponsel premium berteknologi futuristic, namun tanpa meninggalkan peforma hardware maupun software gamingnya yang dikenal tiada tanding untuk mempertahankan reputasinya sebagai ponsel gaming terkemuka.

Revolusi inovatif ROG Phone 8 berhasil memadukan antara ponsel gaming dengan ponsel flagship dalam satu ponsel. Menarik sekali bukan?

Ponsel Gaming Rasa Flagship

Dari bodinya saja, terasa sekali perubahan pada ROG Phone 8 dari seri sebelumnya. Bodi ROG Phone 8 17% lebih ramping, 15% lebih tipis dari generasi sebelumnya. Bobotnya juga 9% lebih ringan. Tidak berat dan bulky seperti sebelumnya.

Ketebalan rasio bezel ROG Phone 8 juga lebih tipis, layaknya ponsel flagship masa kini, dengan rasio display-to-body sebesar 94%. Ini membuat ponsel gaming ini semakin premium look.

Tampilan ROG Phone 8 juga lebih kalem dan polos. Minim pola, tulisan, angka, maupun simbol yang berwarna-warni seperti sebelumnya yang kental bernuansa gaming hardcore atau bertema robotic. Warna simbol, pola, dan tulisannya dibuat mirip dengan warna bodi ponsel sehingga terlihat polos, bersih, dan premium.

Meski lebih kalem, ROG Phone tetap mempertahankan AniMe Vision yang menjadi ciri khas ROG Phone series. Ada dua tipe AniMe Vision pada ROG Phone 8. Untuk seri ROG Phone 8 reguler, terdapat tampilan logo ROG Aura RGB Lighting yang terletak pada belakang bodi ponsel.

Sedangkan untuk seri ROG Phone 8 Pro dan ROG Phone 8 Pro Edition terdapat layar Mini-LED AniMe Vision, yakni sebuah layar sekunder ekslusif dengan 341 titik lampu LED yang mampu menampilkan beragam animasi dan dapat dikustom sesuai selera pengguna.


*Mini LED AniMe Vision ROG Phone 8 Pro


*ROG Aura RGB Lighting ROG Phone 8 (Reguler)

Uniknya, layar Mini-LED ROG Phone 8 Pro dapat disamarkan hingga sampai tak terlihat sama sekali. Jadi ketika AniMe Vision tak menyala, maka punggung ponsel terlihat polos rata dengan warna bodinya sehingga sekilas terlihat seperti ponsel flagship biasa. Jadi sangat berbeda dengan seri ROG Phone 7 atau sebelumnya yang menggunakan celah layar amoled untuk menampilkan animasi berwarna RGB.

Nuansa flagship ROG Phone 8 juga dapat dirasakan pada desain lokasi kamera ponsel yang dibuat menonjol, lebih besar, dan mengkilap.

Tak hanya itu, ROG Phone 8 ini juga sudah punya fitur premium yang biasanya dimiliki ponsel flagship terkini, yakni teknologi IP68. Bisa dibilang, ROG Phone 8 adalah ponsel gaming pertama di dunia yang memiliki teknologi IP68 yang melindungi ponsel dapat tahan dari debu dan air.

Teknologi IP68 menandakan bahwa ROG Phone 8 mampu bertahan dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Wah, bisa bermain game sambil berenang dong? Hehehe … Tentunya, bermain game atau ngonten lebih aman dilakukan dimana pun berada berkat teknologi ini. Apalagi bawa ponsel di tengah cuaca hujan tinggi seperti sekarang.

Ke-flagship-an ROG Phone 8 semakin terasa lagi pada desain layarnya yang sudah mengusung Ultra-Bright Display yang menggunakan layar AMOLED fleksinel berukuran 6.78 inch. Ponsel gaming ini juga memiliki kecepatan refresh rate hingga 165 Hz dan kecepatan pengambilan sampel sentuh mencapai 720 Hz, sehingga sangat mendukung untuk permainan game yang butuh respon cepat.

Layar ROG Phone 8 memiliki kecerahan puncak, hingga mencapai titik maksimal 2500 nits. Jadi, layar ponsel tetap terlihat jelas meski berada di bawah sinar matahari. Pengguna dapat bermain game, ngonten, maupun nonton video dengan baik, tanpa masalah. ROG Phone 8 juga menawarkan akurasi warna Delta-E <1 untuk menampilkan visual yang luar biasa.

Tak hanya indah, layar ROG Phone 8 juga sangat kuat sebab telah dilindungi oleh Gorilla® Glass Victus™2. Tak hanya itu, layar ROG Phone 8 juga sudah memiliki teknologi Eye Care Display yang dapat melindungi kesehatan mata selama menggunakan ponsel.

Bagi saya pribadi, perubahan radikal ROG Phone yang kini terlihat lebih kalem dan premium punya keuntungan sendiri. Desain ini dapat menjangkau kalangan lebih luas yang menginginkan satu ponsel untuk kebutuhan daily driver mereka, sekaligus daily game ponsel.

Mereka yang bukan kalangan e-sport, tapi suka bermain game untuk sekedar hiburan di sela-sela kesibukanya akan sangat cocok dengan ROG Phone 8. Ponsel ini terlihat oke saat dibawa untuk kegiatan formal, tidak terlihat mencolok atau terkesan norak bagi sebagian orang.

Ponsel Gaming yang Cocok Buat Ngonten dan Produktivitas

ROG Phone 8 tidak hanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan para gamer saja, melainkan juga untuk menunjang produktivitas para streamer, content creator, maupun pekerjaan professional seperti admin Media Sosial (Medsos).

Rasanya lebih untung saja, seolah beli ponsel flagship tapi dapat menikmati spek kualitas software terkencang dan hardware bermutu tinggi milik ponsel gaming. Dapet paket komplit jadinya. Tentu saja, perpaduan ini mendatangkan manfaat yang lebih luas, maksimal, serta fleksibel untuk memenuhi beragam kebutuhan digital hari ini.

Untuk kebutuhan ngonten, ROG Phone sudah dibekali dengan Kamera AI Tingkat Pro, dengan kamera utama menggunakan sensor gambar Sony IMX890 terbaru beresolusi 50 MP dengan 6-Axix Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0. Lalu kamera ultrawidenya memiliki lensa bebas beresolusi 13 MP dan kamera telephoto beresolusi 32 MP dengan 3 kali optical zoom dan OIS.

Kamera ROG Phone sudah mumpuni untuk melakukan berbagai kebutuhan fotografi maupun aktifitas perekaman yang professional. Pengguna dapat menciptakan bidikan fotografi potret atau makanan yang bagus melalui kamera utama dengan zoom 2x lossless, setara dengan lensa prima 50 mm.

Pengguna bisa nge-vlog, memotret objek sambil berjalan dengan hasil perekaman yang smooth, bebas guncangan berkat teknologi 6-Axix Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0. Sangat cocok buat kamu yang travel-vlogger.

ROG Phone 8 memiliki fitur AI Noise Cancellation yang dapat meredam keramaian suara di sekitar pengguna. Ditambah dengan adanya teknologi OZO Audio yang mampu menghilangkan kebisingan angin membuat hasil rekaman sejernih kristal serta menangkap pengalaman suara surround 3D dengan fidelitas tinggi yang mendalam.

Pengguna juga dapat membidik objek jauh dengan kualitas gambar yang akurat berkat teknologi lensa telephoto ROG Phone 8 yang memiliki stabilisasi gambar optic internal untuk memastikan hasil bidikan yang jernih dan tajam, serta mendukung mode fotografi malam untuk bidikan cahaya rendah yang menakjubkan.

Dilengkapi pula dengan teknologi HyperClarity, ROG Phone 8 mampu menjaga tiap detail foto hasil bidikan jadi lebih jelas, bahkan meski diperbesar hingga 30 kali. ROG Phone 8 juga dapat menghasilkan foto landscape yang sangat menarik melalui lensa ultrawide.

Lalu kamera depan ROG Phone 8 tak kalah canggih dengan resolusi sebesar 32 MP berteknologi RGBW Ultrawide Selfies.  Kamera selfie ini mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga dapat menghasilkan gambar dengan sedikit noise dan bersih meski kita sedang melakukan perekaman dengan cahaya redup. Dengan demikian, pengguna dapat lebih bebas berkreasi saat melakukan video streaming di media social.

Tak hanya kualitas, tampilan kamera depan juga terlihat premium sebab menggunakan desain “Punch Hole” yang terletak di tengah bagian layar atas.

Selain hardware kamera yang berkualitas, ROG Phone 8 juga memiliki dukungan software komputasi fotografi tingkat pro yang mampu meningkatkan kualitas gambar jauh lebih bagus lagi.

Fitur komputasi tersebut seperti AI Object Sense yang dapat mengoptimalkan kontras dan saturasi objek foto secara terpisah sehingga foto yang dihasilkan lebih jelas dan natural. Lalu fitur Quick Shoot memungkinkan pengguna ROG Phone 8 mengambil tiga foto secara instan dengan cukup menekan dua kali tombol volume.

Kemudian fitur Light Trail Mode membuat ROG Phone 8 mampu menghasilkan bidikan dengan eksposur panjang yang menakjubkan. Ada juga fitur Semantic Search in Gallery App yang memungkinkan pengguna dapat mencari foto hanya dengan perintah suara. Misalnya kamu cukup mengucapkan “carikan foto pantai yang saya ambil bulan lalu”, maka system galeri AI ROG Phone 8 akan menampilkan foto yang sesuai dengan perintah penggunanya.

Karakteristik Gaming Masih Kental, Peformanya Tiada Tanding

Bukan rahasia lagi, ponsel gaming punya spek mesin berkualitas tinggi. Tak terkecuali seri ROG Phone 8. Ponsel gaming ini kini ditenagai oleh Snapdragon® 8 Gen 3 3,3 GHz. ROG Phone 8 juga dibekali dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan ROM UFS 4.0. Berbekal spek mesin ini, CPU ROG Phone 8 30% lebih cepat, dan GPU 25% juga lebih cepat dibandingkan seri ROG Phone sebelumnya. Pengguna dapat memaksimalkan seluruh kekuatan mesin ROG Phone 8 dengan mengaktifkan mode “X Mode”.

Untuk kapasitas memory, ROG Phone 8 reguler punya RAM sebesar 12 GB dengan memori penyimpanan mencapai 256 GB. Lalu untuk seri ROG Phone 8 Pro memiliki kapasitas RAM sebesar 16 GB dengan memori penyimpanan sebesar 512 GB. Sedangkan ROG Phone 8 Pro Edition punya kapasitas RAM sebesar 24 GB dengan memori penyimpanan sebesar 1 TB.

Meski desain ROG Phone 8 telah meninggalkan konsep gaming hardcore, ponsel ini tetap mempertahankan fitur-fitur khas gaming yang sudah ada sebelumnya. Misalnya fitur “AirTrigger” yang memberikan control maksimal saat bermain game. AirTrigger adalah sensor ultrasonic yang terletak di sisi kanan bagian atas dan bawah ponsel. Fitur ini tidak berwujud tombol, melainkan berbentuk pola ukiran kecil.

Biasanya saat bermain game, kita menggunakan ponsel dalam posisi landscape. Jadi, sensor AirTrigger dapat dijangkau dengan menggunakan kedua telunjuk kita. Sensor ini dapat berfungsi seperti tombol R1 dan L1, layaknya di console game.

Tak hanya itu, pemain e-sport dapat merasakan pengalaman bermain game console di ROG Phone 8 dengan memasang aksesoris ROG Tessen Mobile Controller langsung ke ponsel ini. Hal ini membuat permainan game semakin professional.

Tak hanya hardware khas gaming, ROG Phone 8 tetap mempertahankan fitur-fitur software khas gaming berbasis AI. Misalnya X Sense 2.0 untuk mendeteksi peristiwa penting saat bermain game. Fitur X Capture digunakan untuk mengabadikan momen berharga saat bermain game. Lalu ada fitur AI Grabber serta fitur Vibration Mapping untuk mengkontrol respons getaran saat bermain game.

Lalu ada fitur Background Mode yang memungkinkan pengguna bisa beralih membuka aplikasi lain tanpa takut system ponsel menjeda atau menghentikan permainan game. Fitur ini sangat berguna pada awal permainan game, seperti saat farming item dan memperkuat skill hero, pertarungan otomatis, atau permainan berulang dan monoton yang tak membutuhkan pengawasan.

Seperti seri sebelumnya, ROG Phone 8 memiliki system pendingin yang canggih dan tak ditemukan pada ponsel non-gaming. Ya, ini adalah fitur yang wajib ada pada ponsel gaming, mengingat aplikasi gaming berat dapat menimbulkan panas tinggi pada perangkat ponsel. Jika sering terpapar panas, maka produk elektronik akan cepat rusak.

ROG Phone 8 punya system pendingin internal canggih yang tersemat dalam bodi ponselnya yang ramping. Ada beberapa lapis hardware pendingin pada ponsel ini, meliputi Graphite Sheet, Rapid-Cooling Conductor, Boron Nitride, dan Vapor Chamber. ROG Phone 8 memiliki GameCool 8 yang mengadopsi desain Sistem Pendingin SoC 360 Gen 2 yang dapat menghasilkan peningkatan efisiensi termal sebesar 22%.

Selain system pendingin internal, ROG Phone 8 juga memiliki fitur AeroActive Cooler Button, dimana pengguna dapat menghubungkan aksesoris pendingin AeroActive Cooler pada ROG Phone 8 untuk memaksimalkan pendinginan dan control bermain game.

Mengikuti perubahan radikal pada ROG Phone 8, kipas pendingin AeroActive Cooler X generasi terbaru yang juga punya bentuk yang lebih ringkas, lebih kecil, dan lebih ringan namun lebih bertenaga. Chip pendingin termoelectriknya 2,6 kali lebih besar, serta putaran kipasnya 1,1 kali lebih cepat sehingga dapat mendinginkan ponsel 1,3 kali lebih baik.

ROG Phone 8 Pro punya baterai monster khas ponsel gaming. Dengan kapasitas 5500 mAh pengguna dapat melakukan gaming berat selama 3.4 jam, menonton video streaming selama 23 jam, dan scrolling IG dan Medsos lainnya selama 17 jam.

Ponsel gaming ini juga punya dua port USB tipe C pada bagian bawah dan samping ponsel, sehingga memudahkan pengisian daya saat bermain game. Pengisi daya ROG Phone 8 mendukung USB PD HyperCharge 65 watt, mendukung fast charging dari 0% hingga 100% hanya butuh waktu 39 menit serta tambahan pengisian daya nirkabel 15 watt.

Identitas ponsel gaming juga ditunjukkan dengan kualitas speaker audio yang sangat bagus. ROG Phone 8 menggunakan Dirac Virtuo™ yang menghasilkan suara yang sangat enak sekali didengar, terutama saat bermain game. Setahuku, hanya ponsel gaming yang punya kualitas audio terbaik.

Spesifikasi ROG Phone 8 Series & Harganya

Dimensions / Weight

163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g

Color

ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Rear Camera

Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μmActual output photo: 8 MP

Front Camera

32 MP RGBWpixel binning 1.4 μmActual output photo: 8 MP

Screen

6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits

Battery / Charging

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging

Memory

12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB

Frequency

5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Others

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

·       ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000

·       ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp.10.999.000

·       ROG Phon 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000

·       ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – 19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store.

Offline: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya belaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

Kesimpulan

Saat melihat pameran beragam produk ASUS di CES Las Vegas, perubahan ROG Phone 8 yang kini lebih flagship look sejalan dengan perubahan beberapa seri laptop gaming ASUS ROG terbaru yang juga mengadopsi model laptop konvensional seri premium, dengan desain ramping, ringan, dan cool. Namun tetap mempertahankan peforma mesinnya yang juara di kelas gaming. Perubahan radikal ROG Phone 8 tentunya sudah melampaui ponsel gaming konvensional (Beyond Gamming).

Inovasi ASUS pada ponsel gaming terbarunya ini sungguh di luar nalar. Sebab, ia mendobrak batas-batas ROG Phone yang selama ini hanya bermain di segmen ponsel gaming. Kini ROG Phone keluar dari zona nyaman dan bertarung dalam dunia ponsel flagship. Seolah tak cukup puas sekadar menyandang predikat juaranya ponsel gaming. Langkah berani ini membuat saya salut dengan brand ASUS ROG.

Hemm … mungkin ini adalah demand dan trend terkini kalangan gamer. Saya pribadi suka sih dengan tampilan cool, gak neko-neko, tapi mematikan. Seperti ilmu padi nggak sih? Menyala abangkuu …

Kehadiran ROG Phone selalu dinanti oleh masyarakat Indonesia setiap tahun, seperti Lebaran. Boleh juga nih ROG Phone 8 ini masuk wish-list ponsel baru di tahun 2024 setelah dapat THR lebaran besok. Desainnya yang sangat menunjang gaya hidup kekinian sangat cocok dibawa untuk hari Raya Idul Fitri bulan depan.

Jadi gimana, apakah perubahan radikal ROG Phone 8 ini menarik perhatianmu untuk meminangnya sebagai daily driver plus daily gaming ponsel sekaligus? Apa pendapatmu? Tulis di kolom komentar ya!

#BeyondGaming #ROGPhone8ID #ROG8WCP #TravelerienXASUS

*Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien
Pulang Rumah
Pulang Rumah Blog ini dikelola oleh Alif Syuhada

Posting Komentar untuk "Melampaui Batas-Batas Ponsel Gaming bersama ASUS ROG Phone 8"